Rabu, 22 Agustus 2012

METODE TRANSPORTASI SIHIR 'HARRY POTTER'

Dalam dunia sihir Harry Potter, para penyihir melakukan berbagai macam metode transportasi. Ada berbagai macam pilihan transportasi, sbb :

Terbang : Terbang adalah sarana utama bagi para penyihir untuk melakukan perjalanan dari tempat satu ke tempat yang lain. Kebanyakan penyihir menggunakan Sapu Terbang. Karena selain mudah, juga sangat populer. Selain Sapu Terbang, penyihir juga bisa terbang menggunakan Permadani Terbang, Motor Terbang, Mobil Terbang, maupun hewan-hewan yang bisa terbang seperti Thestral dll.

Kendaraan Darat : Termasuk di dalamnya Hogwarts Express, Bus Ksatria, dan Mobil Kementerian. Ini merupakan satu-satunya metode transportasi yang bisa dianggap oleh muggle, normal. Kereta, Bus dan Mobil, hanya berjalan di tanah.

Jaringan Floo : Jaringan Floo adalah metode transportasi dengan menggunakan bubuk Floo yang ditaburkan ke nyala api, kemudian si penyihir itu melangkah ke dalamnya sambil meneriakkan tempat tujuannya dengan jelas. Kalau menggunakan Jaringan Floo, penyihir harus ekstra hati-hati, karena si penyihir terlalu banyak bergerak-gerak atau panik dan buru-buru keluar, mereka bisa keluar dari perapian yang salah.

Portkey : Portkey adalah benda-benda yang digunakan untuk mengangkut penyihir dari satu tempat ke tempat lain pada waktu yang sudah ditentukan, hanya dengan menyentuhnya. Portkey biasanya dibuat dari benda-benda biasa sehari-hari yang tidak akan menarik perhatian Muggle (seperti : sisir, sepatu kumuh, kaleng dll). Bepergian dengan Portkey dikatakan terasa seperti ditarik oleh kait dibelakang pusar.

Apparition : Apparate atau Disapparate adalah metode transportasi sihir yang sangat populer dan pada dasarnya adalah harus fokus pada tujuan yang diinginkan dalam pikiran mereka, kemudian menghilang dari lokasi mereka saat ini dan langsung muncul kembali di lokasi yang diinginkan, dalam jangka yang pendek. Ini adalah cara tercepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan seseorang, tetapi terkadang sulit untuk dilakukan karena bisa menyebabkan splinching (terpisahnya bagian tubuh bila tidak berkonsentrasi).

Lemari Pelenyap : Lemari Pelenyap sangat jarang digunakan sebagian besar penyihir (karena populer hanya pada saat perang sihir pertama). Penyihir yang masuk ke lemari ini akan bisa menghilang lalu muncul kembali ke lemari kembarannya yang ada di lain tempat, dengan kata lain, berpindah tempat.

Jaringan Toilet : Ada satu set toilet umum bawah tanah di Whitehall. Jaringan Toilet hanya terhubunga ke Kementerian Sihir. Digunakan oleh pegawai Kementerian. Penyihir masuk ke bilik dan membenamkan kakinya dalam lubang tolet, kemudian menyiram diri mereka sendiri, sampai akhirnya mereka akan keluar dari salah satu perapian di Atrium Kementerian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar