Senin, 14 Januari 2013

HUKUM GAMP HARRY POTTER

Bertahun lamanya sejak transfigurasi menjadi kubu yang kuat di dunia sihir, penyalahgunaannya pun merajelela di mana-mana. Para penyihir menjadi rakus dan mencoba untuk menyulap uang, melenyapkan musuh, berbuat curang, sehingga membuat komunitas sihir harus mengatur penggunaan dari transfigurasi.
Saat itulah muncul Penyihir hebat bernama Gerrard Gamp yang mengeluarkan garis besar hukum untuk mengatur transfigurasi tersebut pada tahun 1895. Hukum ini kemudian dikenal sebagai Hukum Gamp Tentang Transfigurasi Elemental (Gamp’s Law of Elemental Transfiguration) dan Lima Perkecualian Prinsip Hukum Gamp (The Five Principal Exceptions to Gamp’s Law).
Hukum ini merupakan penjelasan dari banyaknya kekeliruan-kekeliruan yang selama ini ada di benak para penyihir yang kurang bijak. Beberapa penyihir kurang beruntung tersebut, menganggap bahwa transfigurasi adalah ilmu sihir paling kuat bahkan dapat menyamai kekuasaan Tuhan, akan tetapi setelah hukum Gamp dikemukakan dan diakui dalam komunitas sihir, maka kekeliruan-kekeliruan yang terjadi sedikit demi sedikit dapat dihilangkan.

Adapun hukum tersebut adalah sebagai berikut ::

Hukum Gamp Tentang Transfigurasi Elemental :

1. Benda hidup. Benda dapat dihidupkan, membawa kehidupan pada objek tak bernyawa, tetapi mantra pada objek tersebut akan menghilang dalam jangka waktu tertentu. (Misanya, kau mentransfigurasi cangkir menjadi kucing, artinya kau membuat cangkirmu hidup dan bernyawa, mengeong atau berjalan, akan tetapi mantra pada kucing imitasi akan hilang dan sang kucing akan kembali menjadi cangkir, sebab tak ada mantra transfigurasi yang permanen)

2. Transfigurasi Diri Sendiri. Kau bisa mentransfigurasi dirimu sendiri dan orang lain, tetapi efeknya akan menghilang pada akhirnya. Dikecualikan pada Animagus/Metamorphmagus, karna dalam kasus ini kedua hal di atas berbeda. (Sama seperti cangkir dan kucing, kau tak bisa selamanya mentransfigurasi dirimu sendiri karena suatu saat mantra yang kau gunakan akan hilang)

3. Transfigurasi Kombinasi. Kau dapat menyatukan dua benda secara permanen untuk membuatnya menjadi satu benda, hanya jika objek asli yang digunakan sama. (Pikirkan tentang tanaman hibrida, artinya dalam transfigurasi kau dapat menggabungkan dua benda menjadi satu, namun dalam penerapannya kau harus menggunakan satu objek yang sama, misalnya kau ingin mengubah pohon apelmu menjadi berbuah anggur, akan tetapi kau tidak dapat mengubah pohon apelmu menjadi berbuah anak anjing)

4. Mantra Pertukaran. Kau bisa menukar bagian-bagian dari satu benda dengan yang lain, tetapi efeknya tidak permanen. Semakin dekatnya hubungan benda tersebut dengan bagian yang ditukar, semakin lama efeknya bertahan. Contohnya adalah telinga kelinci dan anjing.

Lima Perkecualian Prinsip Hukum Gamp :

1. Makanan tidak dapat diciptakan dari udara kosong. Makanan dapat dipanggil, dilipatgandakan, dan ditransformasikan. Tetapi perhatikan dengan pelipatgandaan makanan, karena nutrisinya bisa hilang dan makanan tersebut menjadi hambar.

2. Uang tidak bisa dimunculkan ataupun dibuat, juga tak bisa mengganti denominasi menjadi lebih berharga. Mantra penimbul bekas sihir seperti Speacialis Revelio bisa digunakan untuk menimbulkan bukti adanya penggunaan mantra tersebut pada suatu objek.

3. Cinta tidak bisa dibuat, hanya dapat diimitasikan dengan menggunakan ramuan cinta (Amortentia) atau dengan Kutukan Imperius.

4. Yang telah mati tidak bisa dihidupkan kembali. Mereka bisa dibuat bergerak kembali, dalam bentuk inferi, tetapi mereka tidak akan pernah bisa hidup kembali.

5. Tempat perlindungan dan tanah tidak dapat dibuat. Transfigurasi dapat digunakan untuk mengubah warna dan bentuk tanah, tetapi tidak bisa membuat atau menambah jumlah dimana tanah itu tidak ada.

Hukum tersebut dibuat untuk mengekang penyalahgunaan dan kerakusan. Kau harus cukup bijak untuk mengikuti hukum tersebut, atau kau bisa saja mendapat hukuman yang sangat berat.

Saat sebuah benda ditransfigurasikan, maka benda tersebut berubah menjadi benda yang baru. Artinya, apabila suatu percobaan dilakukan pada seekor landak, yang telah diubah menjadi cangkir teh, maka percobaan tersebut hanya akan menimbulkan fakta bahwa benda tersebut adalah cangkir teh. Segala sisa dari landak tersebut akan hilang sampai efek mantra tersebut menghilang. Benda-benda kecil dapat ditransfigurasikan menjadi benda besar, dan begitu pula sebaliknya. Seekor tikus dapat diubah menjadi seekor gajah, dan juga sebaliknya. DNA, atau terbuat dari apapun objek tersebut, berubah secara total, massa benda tersebut juga berubah, dan tidak ada bukti kemana massa tersebut pergi. Tapi ingat, perubahan tersebut tidak permanen, jadi siapapun yang berniat mengubah saudaranya menjadi hewan, mereka akan kembali ke bentuk semula.

1 komentar: